:: Menciptakan Lingkungan Bisnis

21.53 Diposting oleh College student

Oleh : Purdi. E Candra

Saya sependapat kalau ada yang mengatakan, melihat orang bisa dilihat dari buku apa yang dibaca, termasuk juga lingkungan dari mana yang dialami selama ini dan siapa orang-orang dekatnya. Sehingga menciptakan lingkungan yang punya visi sama mungkin jadi penting.

Katakanlah, Entrepreneur University (EU) sendiri yang sudah cukup banyak mencetak calon pengusaha menjadi pengusaha, bisa dikatakan sebagai tempat untuk bersama-sama menciptakan lingkungan bisnis dengan visi sama. Visi sama yang saya maksud, yaitu sama-sama ingin menjadi pengusaha sukses.

Saya sangat yakin, kalau kita punya visi yang sama dalam bisnis, maka hal itu niscaya hal itu akan membuat masing-masing kita memiliki motivasi bisnis yang kuat, yakni untuk saling menciptakan sinergi positif, dan saling mendorong serta mendukung ke arah tujuan kita untuk sama-sama berhasil dalam bisnis, berhasil menciptakan lapangan kerja dan berhasil bisa menjadi pengusaha sukses.

Sekalipun hal itu bukan pekerjaan mudah, namun bagaimanapun juga kita sudah seharusnya untuk lebih berani mengambil keputusan bisnis. Kita harus berani untuk sementara keluar dari lingkungan yang menghambat kita. Dengan demikian, saya kira kita akan lebih ada keberanian untuk memulai usaha, mengembangkan ataupun membuka bisnis-bisnis baru. Nah, karena itulah tak ada salahnya kita bisa mencari lingkungan yang memang bisa mendorong kegiatan bisnis kita.

Jadi, saya kira kumpul-kumpul dalam asosiasi atau himpunan, seperti AMA (Asosiasi Manajer Indonesia), HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia), Kadin, API, dan asosiasi lainnya, itu sangat jelas akan banyak manfaatnya bagi kita sebagai pengusaha. Banyak teman, banyak relasi, banyak seduluran atau banyak saudara, dan tak mustahil kita akan semakin bersemangat dalam bisnis. Kita semakin bersemangat dalam hidup. Wacana kita sebagai pengusaha juga semakin luas dan berkembang maju. Dan, saya yakin kita pun akan lebih cepat tahu akan setiap peluang bisnis. Karena memang banyak informasi bisnis yang kita dapat.

Karena itulah, saya lebih suka menyebut bahwa sebenarnya lingkungan bisnis memang betul-betul sangat mempengaruhi akan kecerdasan entreprener kita. Sehingga, sampai-sampai ada yang mengatakan bahwa. ''Sebenarnya orang-orang sukses itu adalah orang-orang yang bisa mengandalkan lingkungannya. Sementara orang-orang yang gagal dalam bisnis itu karena dia dibatasi oleh lingkungannya.''

Jadi, saya kira kalau kemudian alumni Entrepreneur University (EU) ada yang membentuk Entepreneur Club Yogya dengan membuat Peta Bisnis yang mereka sebut sebagai ''Jendela Informasi Dunia usaha'', saya kira itu positif. Begitu juga, Forum Komunikasi Kewirausahaan itu juga bagus. Sehingga, menurut saya, bagaimana pun juga wadah-wadah semacam itu penting dan bisa saja untuk kita jadikan sebagai tempat yang pas untuk kita berbincang-bincang soal bisnis. Tapi yang jelas, jaringan bisnis kita akan semakin luas.  
Sumber : The Entrepreneur Paradise

Related Posts by Categories



0 komentar: