:: Darmajaya Komitmen Cerdaskan Guru

07.12 Diposting oleh College student


BANDARLAMPUNG—Tantangan dunia pendidikan di masa depan semakin berat. Guru sebagai salah satu bagian penting dari pendidikan, harus mampu menjadi manusia pembelajar yang cerdas dan kreatif. Guru akan menjadi cerdas jika mereka mampu mengakses seluruh sumber ilmu pengetahuan dari buku, lingkungan sekitar, internet, media masa, dan puspa ragam sumber ilmu pengetahuan lainnya. Kemudian, berpikir terbuka dalam merespon perubahan yang terjadi, beradaptasi dengan perkembangan pendidikan yang terjadi, dan mampu mengoptimalkan sumber daya yang ada menjadi sebuah inovasi baru di dunia pendidikan adalah beberapa ciri penting guru kreatif.

Atas dasar pemikiran itulah, Perguruan Tinggi Darmajaya merasa tergerak dan terpanggil untuk memberikan layanan maksimal kepada guru yang ada di provinsi Lampung. Berbagai fasilitas dan layanan kini dapat ditemui di kampus biru tersebut, utamanya adalah berbagai pendidikan dan pelatihan berbasis information technology (IT) yang memang menjadi unggulan Perguruan Tinggi Darmajaya. Dengan dukungan 20 jenis laboratorium yang masing-masing berkapasitas 40 unit komputer multimedia yang terkoneksi dengan internet, berbagai pelatihan IT siap digelar di Darmajaya.

“Kita sedari awal memang sangat concern terhadap perkembangan IT di Lampung. Kemudian, perkembangan selanjutnya, kita melihat ada sebuah kebutuhan yang tidak terelakan lagi harus dikuasai oleh guru-guru tingkat dasar dan menengah di Lampung, yaitu penguasaan IT. Dengan penguasaan IT guru diharapkan dapat membuat sebuah media pengajaran yang canggih dengan memanfaatkan kecanggihan IT,” papar Pembantu Ketua 2 Darmajaya, yang juga Ketua Panitia Darmajaya Expo 2008, Ary Meizary Alfian, SE, MA kepada Radar kemarin.

Untuk mewujudkan hal itu, satu langkah maju telah dilakukan oleh Perguruan Tinggi Darmajaya, yaitu melakukan kerjasama dengan Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) Daerah Lampung dan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) Daerah Lampung. Kerjasama tersebut tertuang dalam Kesepakatan Kerjasama yang ditandatangani oleh Perguruan Tinggi Darmajaya, dalam hal ini diwakili oleh Ary Meizary Alfian, SE, MA selaku Pembantu Ketua Darmajaya, dan Dr. Undang Rosidin, M.Pd selaku Ketua HEPI Lampung serta Drs H Hariyanto, M.Si ketua AKSI Lampung. Penandatanganan kerjasama dilaksanakan sabtu (14/6) lalu disaksikan oleh Walikota Bandar Lampung, Edy Sutrisno, dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Alfian Husin, Hi. Alfian Husin, SH, dan tamu undangan dalam kegiatan Seminar Nasional bertajuk Sekolah Standar Nasional dan Sekolah Nasional Bertaraf Internasional:Antara Peluang dan Tantangan.

Walikota Bandar Lampung, Edy Sutrisno dalam sambutannya mengatakan bahwa sudah saatnya bagi Provinsi Lampung untuk meningkatkan kualitas pendidikan. “Kita semua harus belajar banyak dari Perguruan Tinggi Darmajaya yang sejak awal berdiri hingga saat ini telah menunjukkan kepeduliannya untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Provinsi Lampung. Berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Darmajaya untuk membantu upaya pemerintah dalam mencerdaskan guru di Lampung diantaranya adalah dengan mengadakan kerjasama diklat berbasis IT yang pasti akan bermanfaat bagi peningkatan kompetensi guru. Ketika guru menyampaikan ilmunya kepada anak-anak didik di sekolah maka akan tercipta nuansa pendidikan yang baik dan pada gilirannya kualitas pendidikan akan meningkat,” papar Edy.

Ruang lingkup kesepakatan kerjasama yang dijalin dengan sekolah-sekolah di Provinsi Lampung ini meliputi hal-hal berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi berbagai bidang diantaranya bidang pemanfaatan sumber daya kampus, AKSI, dan HEPI. Bidang pengelolaan dan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) sekolah di kampus Perguruan Tinggi Darmajaya, bidang Pendidikan dan Pelatihan Teknologi Informasi (TI) di kampus dan sekolah, Bidang Jasa Konsultasi Teknologi Informasi serta bidang bidang perawatan sistem komputerisasi di sekolah.

Dr Undang Rosidin, M.Pd, selaku Ketua HEPI Lampung dan Drs. H Haryanto, M.Si sangat menyambut baik dengan adanya kerjasama ini. “Kerjasama ini tentu saja sangat menguntungkan. Guru yang ada di Provinsi Lampung dapat mengembangkan diri dalam penguasaan IT sehingga tujuan kita untuk membuat guru menjadi lebih cerdas dan kreatif dapat segera terwujud. Dengan penguasaan IT diharapkan guru berani bereksplorasi kreatif, misal, menggunakan metode pembelajaran yang variatif seperti penggunaan program IT sederhana sebagai media pembelajaran tepat guna, dan ekplorasi kreatif lainnya yang mampu menginspirasi para siswa untuk menjadi insan kreatif juga.,” papar Undang didampingi oleh Haryanto.(**)

Related Posts by Categories



0 komentar: